Sabtu, 21 April 2012

10 Film Bertema Musik Favorit Saya

Film dan musik adalah dua hal yang mendapatkan tempat spesial di hati saya. Dan berikut adalah beberapa film bertema musik, atau film yang memiliki hubungan dengan musik, atau lagi punya soundtrak yang bagus. Apapun lah itu

1. AUGUST RUSH (2007)
Kisah yang menyentuh tentang perjalanan seorang anak penghuni panti asuhan Evan Taylor-'August Rush' (Fredie Highmore) yang lari dari panti asuhannya untuk mencari orang tua yang ia yakin masih hidup. August memiliki bakat musik yang diwariskan dari kedua orang tuanya, Ia bisa mendengarkan musik dari suara angin, gemercik air, bahkan kilauan cahaya, baginya alam disekelilingnya adalah musik. Bakatnya yang besar menarik perhatian Wizard (Robin Williams) yang melihat aksi nya ketika bermain gitar dengan cara yang unik di pinggir jalan. Wizard ingin menjadikannya mesin pencari uang baginya, sementara August sendiri masih menyimpan hasrat untuk menemukan kedua orang tuanya.
Film yang menyentuh dengan musik-musik yang indah tersaji disini, banyak scene yang memorial namun yang paling keren menurut saya adalah ketika August bermain gitar secara spontan bersama Louis (Jonathan Rhys Meyer) yang ternyata adalah...hehehe..
Quote nya yang paling keren adalah "The music is all around us all you have to do is listen"




2. THIS IS ENGLAND (2006)
Ini sebenarnya bukan film musik, tema nya juga bukan. Tapi ada kaitannya dengan budaya musik punk/skinhead, dan musik score nya juga keren-keren. Ceritanya tentang Shaun seorang anak 12 tahun yang ayahnya meninggal akibat perang. Shaun berubah menjadi anak yang bermasalah semenjak itu. Namun kehidupannya berubah ketika pulang sekolah, sehabis berkelahi dengan temannya, di tengah jalan ia berpapasan dengan sekelompok anak-anak skinhead. Perkenalan mereka membuat Shaun yang kesepian menemukan "keluarga" nya yang baru. Drama tentang salah satu sub-culture di Inggris pada sekitar tahun 80-an ini menarik untuk disimak.

2. ALMOST FAMOUS (2000)
Film ini diinspirasi dari pengalaman sutradaranya sendiri Cameron Crowe ketika ia yang saat itu masih 15 tahun berkesempatan untuk menulis berita untuk majalah Rolling Stones. Crowe muda diminta untuk menuliskan cerita tentang perjalanan tur sebuah band Rock and Roll baru bernama Stillwater. Perjalanan tur dari kota ke kota serta hubungan dengan para personil band juga dengan groupies mereka, menimbulkan cerita yang menarik. Dengan musik rock yang menghiasi film berlatarbelakang late 80's, kehidupan para rockstar disini ditampilkan dengan menarik, lucu. Dan yang terpenting Kate Hudson nya cantik.



2. KILLING BONO (2011)
Saya pikir film ini akan bercerita tentang perjalanan karir Bono yang kita semua sudah tau kalau dia itu vokalisnya U2. Tetapi ternyata bukan. Film ini bercerita tentang dua orang teman Bono di sekolah dulu yang bercita-cita ingin menjadi rockstar terkenal. Namun justru malah band nya Bono yang mereka tertawakan dulu melesat dan berubah menjadi salah satu band yang berpengaruh di planet bumi ini. Film ini merupakan kisah nyata yang diadaptasi dari buku dengan judul yang sama pula "Killing Bono" karangan Niel Mc. Cormick sahabat Bono sendiri yang gagal menjadi rockstar.

3. ACROSS THE UNIVERSE (2007)
Siapa yang tidak suka The Beatles acungkan tangan? Yaudahlah yah kayanya ga perlu dibahas lagi band ini.
Film ini adalah sebuah film musikal yang menceritakan tentang kisah cinta antara seorang seniman miskin yang juga Liverpudlian bernama Jude dengan seorang gadis Amerika. Jude yang datang ke Amerika untuk mencari ayahnya ternyata malah menemukan cinta sejatinya. Berlatar belakang perang Vietnam, serta lagu-lagu dari The Beatles yang dinyanyikan sendiri oleh aktor dan aktris pemeran film ini, membuat jalinan kisah cinta mereka begitu enak untuk dinikmati oleh mata dan telinga saya.



5. NOWHERE BOY (2009)
Film tentang masa remaja John Lennon, pertemuannya dengan Paul Mc.Cartney, meninggalnya paman yang paling ia sayangi, kehidupannya dengan Mimi bibi yang membesarkannya, serta kehadiran Julia ibu kandung yang meninggalkannya dulu. Momen-momen krusial masa remaja John Lennon yang akan mengubah jalan hidupnya beserta kelahiran dari band paling berpengaruh di dunia.

6. SCHOOL OF ROCK (2003)
Dibandingkan dengan The Pick of Destiny, film yang juga diperankan oleh Jack Black ini jauh lebih "jelas", lebih nyaman buat saya. Yah silakan saja bandingkan sendiri lah yah. Kembali ke topik, film ini bercerita tentang seorang rockstar gagal yang menerima pekerjaan sebagai guru pengganti di sebuah sekolah dasar. Maka bayangkanlah, ke absurd-an seorang rocker dalam situasi dimana ia harus mengajar anak-anak sekolah dasar. Bukannya mengajar mata pelajaran ia malah....





7. THIS IS SPINAL TAP (1984)
Film yang usianya lebih tua dari saya ini, saya dapatkan di sebuah toko rental vcd berinisial E.Z.Z.Y, yang sekarang udah tutup. Film ini saya sewa dengan tidak sengaja ketika sedang penat mengerjakan tugas kampus beberapa tahun lalu. Saya pikir ini film dokumenter tentang sebuah band metal atau mungkin glam rock jadul, namun ternyata ini film komedi musikal, bukan dokumenter tapi mockumenter. Jadi semacam film seperti dokumenter tapi lebih kepada lucu-lucuan tentang band metal terbesar dari Inggris bernama Spinal Tap. Filmnya lucu, yang paling saya ingat ialah ketika Spinal tap harus tampil di kebun binatang jadi opening buat sebuah puppet show saking kurangnya job...!

8. 8 MILE (2002)
Bercerita tentang kehidupan seorang rapper muda B-Rabbit (eminem) dengan segala kesulitan hidup disekelilingnya mencoba untuk satu kesempatan besar. Cerita film ini katanya nyaris mirip dengan kisah hidup eminem sendiri, seorang kulit putih yang diremehkan oleh komunitas rap sendiri, ibu nya yang bermasalah, kehidupan cintanya yang kacau, dan sebagainya. Adegan yang paling asik adalah ketika B-Rabbit battle rap di akhir film ini. cool..





9. WALK THE LINE (2005)
Film tentang perjalanan hidup Johnny Cash, seorang solois rockabilly legendaris. Bagi yang tidak tau siapa itu Johnny Cash bisa liat biografinya di wikipedia lah. Peran Johnny Cash dimainkan oleh Joaquin Phoenix dengan sangat bagus, bahkan kalau saya tidak salah masuk nominasi oscar waktu itu saingan sama Jamie Foxx di film musikal lainnya RAY.

10. THE BOAT THAT ROCKED/Pirate Radio (2009)
Film komedi tentang sekelompok orang yang menjalankan radio ilegal di sebuah kapal. Mereka membajak siaran radio dengan memutarkan lagu-lagu rock and roll yang kala itu di tahun 60-an sangat dilarang oleh pemerintah Inggris. 



Yah itulah 10 film bertema musik yang berkesan bagi saya. Sebenarnya masih banyak PR karena masih banyak pula yang belum saya tonton seperti:
1. A Hard Day's Night
2. Rockstar
3. Dreamgirls
4. Moulin Rouge
5. Wayne's World, dll


11 komentar:

  1. Balasan
    1. Crossroads yang britney spears apa crossroads (1986) tentang legenda blues itu? tapi dua-duannya belum nonton juga sih gan..:)))

      Hapus
    2. kalo crossroads yang dibintangi Ralph Macchio (karate kid) sama Steve Vai niy edar taun 1986, alhamdulillah aku udah donlod gan dan keren sekali filmnya hehehe

      Hapus
  2. Gan mw nanya nie/....
    film indonesia hororr tapi cerita nya tentang sebuah gitar keramat...
    inti nya film nya tentang musik gitu...
    aku pernah denger tapi gk tw apa judul nya..
    tolong kasih tw laa Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sorry gan ane ga tau.. paling yang ada di memori ane film gitar tua nya rhoma irama :))

      Hapus
    2. gue pernah nonton film horor tentang gitar keramat gitu.. tapi bukan film indonesia mas bro.. hehehe

      Hapus
  3. udah liat beck gan? fiksi ttg band jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yg adaptasi dari manga yah? belum nonton sih...

      Hapus
  4. Ada lagi kalo di versi Jepang tuh film DMC (Detroit Metal City) yang mana cerita sebenarnya tentang cowok yg pengen jadi bintang pop boysband, namun dia malah tersesat di band yang ber genre Black Death metal dengan nama DMC dan dia menjadi vokalisnya. tentunya sangat jauh dari apa yang dia harapkan hehehe.. http://www.youtube.com/watch?v=H4rC0VdbE2c

    BalasHapus