Rabu, 04 April 2012

5 Film Indonesia Paling Berkesan (versi saya)

Berikut adalah 5 film produksi anak negeri yang bagi saya sangat berkesan, dari segi apapun itu, cerita, akting, sinematografi, musik, sebagainya.

1. The Raid: Redemption (2012)
Dunia mengakui film ini maka bagaimana mungkin saya bisa mengacuhkannya. Film action garapan Gareth Evans yang kembali bekerjasama dengan Iko Uwais ini mendapatkan berbagai penghargaan internasional. Malah film ini berada di posisi 30 film action terbaik versi IMDB bersanding dengan The Dark Knight, Inception, Die Hard, dll. Wuiihh.. Fighting scene nya memukau, saya ingat betul berkali-kali orang-orang bertepuk tangan sehabis adegan fightingnya, silat ternyata bisa mendunia.


2. Pintu Terlarang (2009)
Saya baru pertama kali menonton film Indonesia bergenre thriller seperti ini. Ceritanya tentang seniman sukses yang terlibat dengan suatu perkumpulan rahasia. Tonton ajalah pokonya, yang jelas saya dibuat penasaran terus sepanjang film dan twist ending nya keren sekali, sakit!!! Joko Anwar harus bertanggung jawab karena saya jadi selalu menunggu film-filmnya lagi.

3. Laskar Pelangi (2008)
Semua orang tau siapa itu Andrea Hirata, Riri Riza, Mira Lesmana, dan Salman Aristo. Jika digabungkan maka terciptalah film terlaris sepanjang masa. Yang membuat saya terpikat dengan film ini, dengan novel ini adalah kedekatan cerita dengan pengalaman saya dulu ketika bersekolah di sekolah yang sama. Well ga sama sih, mereka di Belitong sementara saya di Bandung, tapi sama-sama MI Muhammadiyah..terus kenapa?
Buat saya setidaknya film dan novelnya tersebut memvisualisasikan kenangan masa kecil saya, memompa semangat dan motivasi. Kalau mau jujur sih saya lebih suka baca novelnya..hehehe..!

4. Janji Joni (2005)
Ini pertama kalinya saya mencicipi karyanya Joko Anwar, karena sampai sekarang saya belum sempet nonton film Arisan! yang katanya bagus juga. Ini film keren karena musiknya banyak diisi sama band-band indie yang tidak banyak diekspos media mainstreem, padahal lagunya keren-keren. Filmnya tentang seorang pengantar film yang diperankan oleh Nicholas Saputra yang hari itu banyak mengalami kesialan. Filmnya lucu, intens juga, editingnya keren.

5. Berbagi Suami (2006)
Saya jujur kaget ketika film ini secara kontroversial dikalahkan dalam pemilihan film terbaik FFI sama film ga jelas yang music scorenya plagiat yang..sudahlah.. Akibatnya banyak pelaku film yang mengembalikan piala citranya.
Saya belum pernah melihat film yang seperti ini sebelumnya, film dengan multiplot, namun sangat enak untuk diikuti tanpa harus mengernyitkan kening. Musiknya juga bagus, kalau nggak salah band Sore yang mengerjakannya. Akting para pemainnya juga memukau, yang mencuri perhatian saya adalah Ira Maya Shopa. Nia Dinata kembali menuai pujian di film ini tapi sayang mungkin masyarakat kita belum terbiasa.

1 komentar: