Selasa, 03 April 2012

Dapat Komplain/Masukan (Lagi) dari Orang Tua

Keputusan saya untuk mengirimkan kisi-kisi ujian via facebook ternyata mendapat komplain orang tua. Saya sendiri tidak tau persis gimana komplain nya, kabar nya pun saya dapat dari teman. Katanya Sabtu lalu ketika pembagian rapot ada orang tua kelas 6 yang komplain ke wali kelasnya perihal pengiriman kisi-kisi yang saya lakukan ke anak-anak, sementara anak-anak sudah tidak boeh membuka FB sama orang tuanya. Sabtu itu saya pastinya tidak ada di sekolah tersebut karena ada kewajiban mengajar di tempat lain. Jadi tidak sempat memberikan penjelasan pada orang tua.

Maksud saya menulis disini siapa tau ada orang tua siswa atau guru-guru lain yang baca penjelasan saya tentang ini. Harapannya adalah supaya tidak terjadi kesalahpahaman diantara kita dan utamanya hubungan baik saya, sekolah dan orang tua tetap terjaga dengan baik.

Begini penjelasan saya..



Beberapa waktu yang lalu, beberapa hari menjelang UTS ada orang tua yang datang langsung ke saya menanyakan kisi-kisi untuk UTS nanti. Saya memohon maaf sama beliau karena belum bisa memberikan kisi-kisi tersebut dalam bentuk print out karena begitu banyaknya hal yang harus saya selesaikan, selain itu jadwal saya di sekolah tersebut hanya hari Selasa dan Rabu saja, otomatis waktu saya terbatas. Maaf bukan sok sibuk tapi itulah resiko yang harus saya dapat ketika bekerja di 3 tempat yang berbeda.

Lalu saya tanya sama ibu tersebut
"maaf ibu di rumah ada internet nggak yah? anaknya masih boleh buka internet nggak bu? kalau di smsin pasti panjang soalnya materinya dari kelas 4 bu?" kata saya
"oh kirim ke fb anak saya aja atuh pak!"
"oh iya atuh kalau boleh mah nanti siang saya kirim"

Dari situlah akhirnya saya kirim kisi-kisi ke beberapa anak yang ada di friendlist saya, karena nggak semuanya ada, dan nggak semuanya boleh online. Saya tau betul dan sadar sepenuhnya mereka pasti sudah tidak boleh lagi internetan. Maka saya pesan sama anak yang saya kirimi pesan untuk menyebarkan kisi-kisi tersebut sama teman-teman yang lain, yang tidak boleh buka facebook. Atau mereka boleh sms saya, dan ternyata ada juga anak yang sms saya minta kisi-kisi, alesannya dia tidak diperbolehkan buka fb dan TIDAK DIKASIH kisi-kisi sama temannya

Selesai uts ternyata baik-baik saja, nilai rata-rata mereka pun alhamdulillah diatas KKM walau ada beberapa yang masih dibawah. Saya pikir sudah tidak ada masalah disini, Menghadapi ujian madrasah besok pun kisi-kisinya tidak jauh berbeda, saya sudah konfirmasi sama anak-anak, memberikan materi tambahan. dan memberi no hp saya bagi mereka yang ingin bertanya.

Saya sadar betul kalau cara saya ini pasti mengundang kontroversi, hanya saja WAKTU dan KONDISI yang tidak bersahabat dengan saya yang membuat saya pada akhirnya mengambil cara ini. Kalau mungkin tadinya mau saya kirim lewat pos, tapi saya tidak tau alamat anak-anak...
Jadi kalau tidak berkenan saya mohon maaf..
Sukses untuk kalian...

2 komentar: