Senin, 23 April 2012

Belajar Membuat Naskah Film Pendek


DINNER
OLEH: TAUFIK HADIAN

Estimasi durasi: 4-5 menit
Sinopsis:  Cerita tentang seorang wanita yang menunggu pujaan hatinya untuk makan malam bersama. Makan malam yang dipersiapkan dengan spesial, namun sang pujaan hati yang ditunggunya tak kunjung datang, tak kan pernah datang.

WORKING TITLE
FADE IN
SCENE 1. INT. RUANG MAKAN                                   (MALAM)
CAST: Nurmi (Mahasiswi cantik yang modis, riang, dinamis, dan smart namun pelupa. Telah menjalin hubungan yang sangat dekat sejak lama dengan Hendro mahasiswa serta vokalis band indie yang terkenal ramah dan banyak digandrungi. Hendro selalu ada tiap kali penyakit lupa Nurmi kambuh, aneh. Namun mereka berdua tak pernah saling menyatakan cintanya. Malam ini Hendro berencana untuk mengungkapkan seluruh isi hatinya dan melamar Nurmi)
Nurmi tampak sibuk menata meja makan, senyuman renyah tersungging dari bibirnya.
CAMERA Close up to Nurmi lalu long shot terlihat Nurmi menata meja dan mengambil hp yang tiba-tiba berdering. Camera close up kembali ke hp yang berisi pesan dari Hendro “can’t wait for to nite..”
Nurmi membalas “me too...”
Nurmi berseri-seri melangkah pergi menyalakan lagu dari music playernya
Music start: Adele Love Song
CUT TO

SCENE 2. INT. RUANG MAKAN                                   (MALAM)
Cast: Nurmi
Nurmi berjalan kemeja makan sambil membawa dua buah lilin merah meletakannya di meja dan hendak kembali ke dapur untuk mengambil korek api.Tepat ketika sedang berbalik Nurmi melihat foto dirinya dengan Hendro yang terpampang di lemari.
Camera Long Shot lalu close up pada foto
DISSOLVE TO

SCENE 3. EXT. SEKOLAH/KAMPUS                             (SIANG)
Cast: Nurmi,Hendro, Extras (mahasiswa di kelas)
Music start;
Nurmi mengenang momen-momen dia bersama Hendro. Ketika ia lupa dimana bukunya tiba-tiba Hendro menyodorkannya. Camera close up kepada Nurmi yang sedang kebingungan lalu tangan Hendro menjulurkan sebuah buku, camera naik ke Hendro yang sedang tersenyum sambil menyodorkan buku.
Cut to
Nurmi sedang menjelaskan sesuatu di kelas tiba-tiba ia lupa, Hendro dibelakang mengacungkan tangan dan kemudian membantunya. Camera long shot kepada nurmi yang sedang presentasi lalu kepada seluruh kelas dan Hendro yang mengacungkan tangan memberikan bantuan, seisi kelas menjadi ramai, camera close up kepada Nurmi yang tersenyum malu.
Cut to
Nurmi yang sedang kebingungan menunggu akutan umum hendak pulang tiba-tiba dikagetkan suara klakson motor Hendro dari belakang, dan mereka pun berboncengan.
Cut Back to
SCENE 4. INT (RUANG MAKAN)                                 (MALAM)
Cast : Nurmi,Hendro
Camera close up to jam dinding yang menunjukan pukul 7.30 malam lalu long shot kepada Nurmi yang tengah duduk di depan meja makan sedang mengirimkan sms. Tiba-tiba bel berbunyi, Nurmi bergegas membukakan pintu. Tampak Hendro tersenyum dibalik pintu dengan segenggam mawar merah ditangannya. Nurmi tersenyum bahagia menerima mawar tersebut
Cut to
SCENE 5.INT (Ruang Makan)
Cast: Nurmi, Hendro
Music start
Camera long shot. Nurmi tampak sangat riang sambil bercerita dengan semangatnya, sementara hendro hanya tersenyum, senyum yang lirih, tatapannya sendu, wajahnya tampak lebih pucat dari biasanya
Cut to

SCENE 6. INT. Ruang Makan                                        (Malam)
Cast: Nurmi, Extras (dua orang pria dan wanita teman Nurmi)
Music Stop
Musik tiba-tiba berhenti mendadak bersamaan dengan bunyi ringtone hp nya, Nurmi terperanjat rupanya ia tertidur tadi. Sebuah pesan masuk mrngabarkan kalau hendro mengalami kecelakaan, tak lama dering bel rumahnya berbunyi., Camera close up to Nurmi lalu long shot ke arah Nurmi yang hendak membuka pintu.  Tampak Extras (seorang laki-laki dan seorang perempuan teman Nurmi). Ekstras 1(wanita) memegang pundak Nurmi seperti menyampaikan suatu pesan.
Music Start: The Milo Get into
Insert adegan ketika Ekstras 2 nyaris menabrak Hendro
Cut back to Nurmi yang tiba-tiba bersimpuh dan mulai menangis, extras 1 dan 2 mencoba menenangkan Nurmi
Camera pindah ke setangkai mawar merah yang tergeletak di jalan raya
Fade Out
Credit Title

Tidak ada komentar:

Posting Komentar