Rabu, 05 Juni 2013

Kejadian Absurd dengan Anak SD

Setelah membaca tulisan di kompasiana pagi tadi yang berjudul “Coboy Junior, dan Percepatan Pubertas Terhadap Anak" saya jadi ingin nulis sesuatu juga. Pengalaman pribadi. Bukan tentang Coboy Junior sih, lagi pula sudahlah mereka mah sudah terkenal, nanti kalau saya tulis lagi tentang mereka malah jadi tambah terkenal (lah..siapa saya?! ) Tapi tulisan ini tentang bukti sahih kalau anak-anak jaman sekarang tuh memang dewasa sebelum waktu nya. Silakan disimak. *drum rolls*

Buat pembaca yang belum tau saya (kaya nya semua deh!) saya ini berprofesi sebagai pengajar (masih belum sanggup nyebut diri “guru” J) saya pernah ngajar anak-anak SD sampai SMA ditempat yang berbeda-beda pula (belagu) tapi paling banyak berurusan sih sama anak SD, bingung saya juga mungkin faktor tinggi badan yang hampir sepantar kali yah?! Nah saya ini terbilang cukup aktif di social media dibanding rekan guru yang lain (iya mereka mah sudah pantas disebut “guru”). Dulu saya sering maen FS, pindah ke FB, sering ngetwit random di twitter, posting tulisan sotoy di blogspot/multiply, sampai upload foto makanan di instagram. Makanya saya sering dianggap guru gaul, keren, ganteng, multitalenta. Boleh silahkan muntah hehehe. Itu mah tadi saya sendiri yang nambah-nambahin.

Tapi dari kebiasaan aktif di social media ini saya sering nemu hal yang mengejutkan. Saya jadi tau apa yang ada dipikiran anak-anak di FB atau yang saya follow di twitter (err..kebanyakan yang minta follback..)
Saya jadi tau apa keinginan mereka, apa yang sedang mereka rasakan, masalah apa yang sedang mereka hadapi. Hal ini berguna bagi seorang pendidik tentunya, agar bisa menerapkan pendekatan serta strategi yang tepat dalam proses KBM. Tsaaahh. Tapi kadang karena ke-lebayan-an mereka justru banyak hal-hal absurd yang saya temukan,sampai-sampai saya kesel sendiri baca timeline yang isinya curhatan bocah-bocah generasi pemuja Coboy Junior, One Direction, Justin Bieber, dan KPOP ini. Nah ini lima kejadian absurd yang pernah saya temukan entah itu di dunia nyata maupun maya. tsaahh.. (nama dan lokasi dirahasiakan atas inisiatif saya sendiri)



Pertama. Kira-kira setahun lalu saya menemukan avatar twitter salah seorang anak kls 7 (laki-laki) yang tengah berpose mesra disebuah foto box sama anak perempuan!. Si bocah tadi dicipiki sama bocah perempuan disampingnya (frontal ajalah kagok). Di bio nya ditulis kalau mereka pacaran. Lalu saya iseng buka profil pacarnya itu. Dan ternyata ava nya adalah giliran si bocah perempuan tadi yang dicipika sama si bocah laki !!! Berani banget kan? Padahal masih kelas 7. Saya yakin orang tuanya ga akan pernah tau kalau saya ga lapor sama gurunya. Kesel sih, maksudnya, kelas 7 SMP tuh saya masih ngumpulin tazos (anak lama pasti tau), ini udah ngumbar foto begitu dengan bangganya di social media.

Kedua. Soal Coboy Junior tadi pun saya pernah nemu. Suatu hari saya sedang baca timeline, tiba-tiba nemu twit yang isinya kira-kira begini. “Ya ampun iqbale ganteng banget sih..sampai ga nahaan..” dan yang ngetwit adalah anak cewek kelas 6 SD, bayangkan! Terus saya replay deh itu twit. “kamu ga nahan kenapa?” replay-an saya ga dibales sih, langsung off kayanya hehehe…

Ketiga. Yang ini sih ga didunia maya, tapi dunia nyata. Jadi saya pernah denger seorang anak perempuan kelas 4 SD yang dengan bangganya bilang ke semua orang dewasa yang ada di ruangan “aku mah sekarang udah punya pacar, kalau mantan udah 4”

Hening….

Kelima (A). Percakapan absurd dengan murid (di dunia nyata) pernah suatu ketika ada murid  cowok anak kelas 6 yang nyamperin saya, terus bilang gini. “pak ngajar kelas 5 yah? pang mintain nomor HP yang duduk disitu dong pak!”

Hening lagi….

Kelima (B). Percakapan absurd dengan murid (di dunia maya) waktu itu saya udah jarang buka FB, bosen. Nah pas lagi liburan semester satu kemarin saya iseng buka lagi. Tiba-tiba ada anak kelas 5 yang nyapa di chat FB. Dia nanyain kabar, udah lama ga ketemu katanya. Kami ngobrol lama, hingga tiba-tiba si bocah unyu tadi nanya. “pak pertama kali pacaran kapan?”

Hening….

Karena saya lagi iseng, saya ladenin aja. “kepo ah kamu mah” terus dia bales “bilang aja kalau belum pernah mah pak, kalah ah sama aku, aku mah udah dari kelas 3, mantan aku aja udah 3!”

Hening lagi…

Saya tanggepin lagi aja, kebetulan saya lagi ga mood buat nyeramahin bocah.. “sama siapa?” Tanya saya. “sama F, anak dideket rumah aku” katanya sambil pake emoticon senyum. “terus waktu itu kamu yang nembak?” “engga pak, dia yang nembak duluan”
…… 
“terus pas pacaran ngapain aja?” Tanya saya menginterogasi. “ya gitu we, smsan” “sekarang kamu punya pacar?” “engga, baru putus. Tapi kata temen-temen aku dia nya pengen balikan lagi, temen-temen aku juga pada dukung buat aku balikan”

Hening lagi….     
“orang tua kamu tau ga kamu pacaran?” “ya engga lah pak, makanya kita dulu backstreet…!”


Heningnya kali ini lama, lama banget, lamaaaa banget….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar