Rabu, 05 Juni 2013

Ongkos Naik Angkot Jadi Berapa?

Jadi katanya mulai bulan Juli 2013 BBM naik. Orang-orang pasti pada heboh, Ada yang pro, ada yang contra, ada juga mortal combat, bahkan mungkin pacman (apa ini?!), bebas. Banyak yang adu argumen sampai berbusa. Heran, padahal sekarang udah ada whatsapp, we chat, line, deelel, masih aja maenan BBM (apa juga ini?!). Tapi rencana kenaikan ini kan emang udah dari tahun kemarin, hebohnya sama, cuman ga jadi, heboh doang. Ya seperti kata mas/om @pandji yang katanya seorang artis itu. Menunda kenaikan BBM ini seperti menunggu bom waktu. Tinggal tunggu jegerrr nya aja kalau kata Rendra presenter bola Anteve mah.

Terus pandangan saya sebagai pakar makan tanaman gimana?
Hah? *itu pagar kampret!* *hari gini masih maen plesetan* 
Yah, pandangan saya mah jelas burem, minus nya nambah, kebanyakan maen FM duh... #KemudianCurhat.

Kenaikan BBM pastinya bakalan diiringi sama kenaikan harga-harga bahan pokok (sembako). Kenapa BBM naik, harga sembako ikut naik? Ya karena itu sembako diangkutnya pakai mobil bukan pakai odong-odong cuy! Masa gitu aja ga tau? Atau sebenarnya udah tau? Yaudah.  Nah, dan bulan Juli nanti itu kita udah masuk bulan Ramadhan dimana untuk sebagian orang justru malah bikin parno. “Duh bulan puasa, harga-harga pada naek tar lebaran gimana?” Ya lebaran mah gitu we shalat ied terus maaf-maafan. Simple.  Kesannya bulan puasa sama lebaran itu jadi beban gitu yah. Seperti diwajibkan ada makanan berlimpah, pakaian gemerlap, perhiasan berkilau, serta uang bergelimang (aih diksi macam apa ini?!). Inikan salah fokus yah?


Memang sih yang paling berasa kena dampak kenaikan BBM ini yah orang-orang kecil seperti kita ini. Kita? Lo aja kali *maen Ipad*
Kenaikan BBM yang tidak diimbangi dengan daya beli yah pasti repot. Jadi wajar kalau ada yang teriak ga setuju sama kenaikan BBM ini. Cuman wajar ga kalau yang teriak itu yang kemana-mana naik mobil bagus sendirian?
Mobil buat berempat dipakai sendiri, sementara motor buat berdua dipakai berempat. Kita tuh yah.. Pantes macet!
Tapi katanya kan macet itu indikator pertumbuhan ekonomi sebuah kota/negara?! Iya kali, artinya orang-orang dimari pada MAMPU punya mobil/motor (baca: NYICIL).
Balik lagi ke yang teriak-teriak ga setuju kenaikan BBM tadi. Coba menurut kalian aneh ga kalau ngoceh menolak kenaikan BBM bersubsidi di social media via gadget buatan luar negeri? Atau aneh ga kalau ada orang yang ngoceh nolak kenaikan BBM tapi suka koleksi sepatu ori, datang ke konser artis luar negeri, beli iphone ipad gonta ganti, sungguh aneh sekali.. (it’s a rhyme!)

Pas bule-bule bikin konser disini itu mereka heran loh, di negara mereka lagi krisis lah orang Indonesia malah pada menuhin venue konser. Pada kaya dong berarti?! Terus coba liat sekarang di satu rumah berapa orang yang punya HP?! Kalau ga ada kerjaan coba survey, itungin berapa kali orang gonti ganti HP dalam setahun?! 
Anak SD jaman sekarang juga HP nya bagus-bagus banget. Anak kelas 4 pegang BB, lagi bisnis kali yah?! nah anak kelas 5 ada yang bawa Iphone! Ngiri saya.. hehehe..
Jangankan anak SD, pernah loh saya liat mamang becak lagi BBM-an! *sembunyiin HP cina*
Nah kalau gitu berarti daya beli kita kuat dong? Atau jangan-jangan bukan daya beli kita yang kuat, tapi prestise kita yang tinggi kali yah? entahlah. Tapi memang ga bisa pukul rata gitu sih. Di tempat lain banyak yang susah juga. Susah cari makan, susah cari kerjaan, susah cari jodoh *eh…

Jadi gini bray *sok asik*  di berita yang saya baca, katanya kuota BBM bersubsidi dan anggaran subsidinya di APBN tahun lalu ternyata mengalami pembengkakan. Katanya lagi, di tahun 2012 kuota BBM dari 40,4 juta kilo liter (KL) naik menjadi total 45,23 KL. Tahun 2013 kuota BBM bersubsidi adalah 46 juta KL. Sementara di APBN 2013 anggaran subsidi BBM sebesar  Rp. 193,8 triliun. Nah, tahun 2012 lalu anggran subsidinya 137, 5 triliun namun kenyataannya membludak mencapai Rp. 211,9 triliun! *pusing dah-duit semua itu* Tapi itukan katanya yah, bukan kata saya.

Kalau dihitung-hitung, jumlah diatas kira-kira berapa persennya dari APBN tuh? Membebani ga tuh? auk deh saya mah ga itungan anak nya. Etapi kalau dipikir-pikir, duit sebanyak itu kalau dibeliin cendol bisa banjir tuh, mabok cendol. Cuma jangan sampai deh mabok cendol, tar ada gerakan #AntiCendol lagi di twitter, kasian Pa Haji Rohman juragan cendol elizabeth tetangga saya kalau sampai disidak!  *mulai ga fokus lagi nih tulisan* 

Anyway, in good hands (sok enggres) duit sebanyak itu bisa dipakai buat hal-hal yang bermanfaat dan sifatnya urgent. Benerin jalan bolong, rombak sekolah yang mau rubuh, atau NAIKIN GAJI GURU misalnya. *Maaf itu capslock sama bold kepencet barengan* Tapi kalau pakai istilahnya @kukuhya  di tangan SI BANGSAT NYOLONG DUIT (baca:KORUPTOR) *ini sengaja* ya, itu duit negara pasti habis. Rakyatnya ga dapet apa-apa, APBN jebol, bengsin (nyunda) nya tetep mahal, infrastruktur masih kacau, utang luar negeri ga kebayar.

Tapi kan keputusan pemerintah naikin BBM ini ga pro rakyat. Katanya gitu. Kata siapa? Kata partai oposisi, atau partai dalam koalisi yang..ahsudahlah.. 

*ngacung*
*iya dek, kenapa?*
*oposisi apaan kak?*
*buka KBBI*
*OPOSISI menurut KBBI: partai penentang di dewan perwakilan dsb yg menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan politik golongan yg berkuasa*
*kalau koalisi kak?*
*KOALISI menurut KBBI: kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dl parlemen*
*Gitu dek!*
*Kalau KBBI apaan kak?*
*facepalm*

Terus sangkut pautnya apa sama politik? Ya adalah sob (tadi cuy, terus bray, terus dek, labil banget yang nulis).. Ekonomi sama politik itu saling berkaitan, ga tau deh mana yang diutamakan sama pemerintah kita. Kalau misalkan partai oposisi tadi wajar punya pandangan bersebrangan dengan pemerintah, karena itu fungsinya, iya kali. Jadi mau nolak juga wajar, karena keputusan naikin BBM itu diambil sama lawan politiknya. Lagi pula kalau itu partai oposisi someday berkuasa lagi pasti naikin juga, malah pernah dulu naikin sampai 2 apa 3 kali gitu, sekarang aja teriak-teriak nolak hehehe sekali lagi wajar, namanya juga oposisi. Nah yang agak gimana gitu adalah jika partai yang justru ada dalam koalisi terus menentang. Maksudnya apa yah? antara pro rakyat atau pro-gram cari simpati ga tau deh. Padahal ngapain cari simpati, ada mentari, xl, axis, tinggal pilih. Terus mereka masang spanduk yang katanya provokatif dimana-mana. Saya sih baru 2 kali liat di 2 tempat berbeda, biasa aja sih cuman agak-agak gimana gitu, bikin kumuh juga sih.
Ini sih kalau diibaratkan kaya kelakuan satu personil sebuah girlband yang pengen dianggap lebih dari yang lain, terus ngancem-ngancem keluar buat solo karir. Terus nyari dukungan sama fansnya. Terus ga keluar juga, karena cuma ngancem doang, dan memang ga mau keluar sebenernya mah. Padahal ya kalau mau solo karir mah yah tinggal pamit keluar aja, adios amigos permios, repot amat hidupnya. Atau, sama lah kaya Wayne Rooney, yang pernah ngancem keluar dari MU gara-gara pelit beli pemain bintang. Giliran udah beli pemain bintang, ngancem lagi karena kalah bersaing rebutan posisi striker. Tapi mau pindah, sayang gajinya di MU gede banget, ya gitulah, drama. Tapi kelakuan kaya gitu sih bisa jadi backfire loh, antara bakal ada yang simpati atau justru makin muak liatnya. *ngomongin apa sih? Ga puguh gini* 

Jadi maksudnya, keputusan naik/tidak nya BBM ini dipakai sebagai alat politik sama pihak tertentu gitu? Ya.. eh tidak tidak.. eh bisa jadi.. bisa jadi.. (berasa jadi peserta eatbulaga)

Kalau kata saya sih (sotoy mode activate)  Yang namanya BBM kalau udah naik susah turunnya, ga bakalan turun malah. Tapi mau gimana lagi, semacam maju kena mundur kena. Sekarang ga naik, mungkin jaman anak cucu kita nanti malah melambung, sama aja. 
Kalau kata saya lagi (sotoy mode level up) ga masalah BBM naik, ga masalah juga harga-harga naik, selama kita mampu beli. Kalau kita mampu mah, harga segimana juga woles, horangkayah... Contohnya klub kaya macam Real Madrid, Ronaldo segitu mahalnya juga tetep dibeli. Nah gimana caranya supaya kita mampu? Ayo deh kita mikir sama-sama (ga ngasih solusi hehehe) 

Jelas ko dalam UU No 30/2007 tentang energi pasal 7 ayat 2: pemerintah pusat dan daerah menyediakan dana subsidi untuk kelompok masyarakat tidak mampu. Jadi saya sih ga rela aja gitu subsidi pemerintah yang nikmatin malah mereka yang kemana-mana pakai mobil pribadi, yang suka sewot pas macet, padahal dia mah dalem mobil yang ada AC nya, padahal lagi dia yang bikin macet. Apalagi kalau itu duit subsidi triliunan rupiah disikat sama SI BANGSAT NYOLONG DUIT (baca:KORUPTOR) tadi… ga relaaa...

Masalahnya buat saya, BBM naik, ongkos angkot juga pasti naik. Bukan soal ongkosnya sih, tapi kadang, BBM belum naik, ongkos udah inisiatif. Terus semena-mena lagi naik nya. Saya sebagai fanboy sekaligus pemerhati angkot (penting amat merhatiin angkot) jadi resah. Soalnya supir angkot ini kadang suka ga transparan kalau nentuin tarif. Satu hari misal dari tempat A ke B tarif nya Rp.3000, eh masa pulangnya ditagih Rp.4000?! Udah gitu jalannya kebut-kebutan lagi. Orang Indonesia yang boleh kebut-kebutan cuma Joe Taslim di Fast & Furious! Sekali lagi nih yah, ga masalah sih tarif angkot naik, asal transparan sama konsisten aja. Kalau perlu diumumin tuh di media. Bikin deh tuh akun @Info_angkotBDG biar kita alay-alay twitter ini mudah mantaunya… (suara hati alay twitter fanboy angkot)

Tapi sih kalau bisa transportasi umum digratisin aja, setuju yah? 
Udah gratis, terus aman dan nyaman. Nah bisa dicontoh tuh seperti di Tallin ibukota Estonia, ibukota pertama di dunia yang katanya memberlakukan kebijakan transportasi umum untuk semua warga Negara. Katanya cukup  nunjukin kartu transit sama petugas di setiap stasiun kereta api atau halte. Katanya buat menjaga kemanan dan kenyamanannya, pemerintah disana menerapkan aturan tegas bagi setiap pelanggar di area sarana transportasi tersebut dengan memberikan sanksi berupa denda sebesar 40 euro sekitar 500 ribu rupiah Indonesia (emang ada rupiah Norwegia?!). 
Sadar ga, banyak kata "katanya" iyalah.. karena saya belum pernah ke Estonia, kalau ke Majalaya saya pernah...
Cuman ga ada keterangannya tuh harga BBM di Estonia sana berapa? sama dampak ke APBN/APBD nya gimana? setelah pemerintah disana menerapkan kebijakan menggratiskan transpotasi umum itu. Nanti kalau modem smartfren saya udah diisiin pulsa saya cari lagi deh (alesan)

Jadi kesimpulannya (udah kesimpulan lagi aja) kenaikan BBM kayanya memang tinggal tunggu waktu, mau diundur-undur juga nantinya pasti naik. BBM mahal karena minyak itu salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (buku IPS SD hal:327 kalau ga salah). Nah karena setiap orang pakai, maka cadangannya menipis, makanya lagi jadi langka, nah kalau langka pasti jadi mahal, masuk akal kan? Jadi mending segera cari energi alternatif lain selain BBM, dengan pakai whatsapp, we chat, line, deelel (callback joke garing ceritanya ini) nah tugas nya scientist nih buat nyari energi alternatif ini (lepas tangan gini ih!). Energi alternatif ga usah yang ribet-ribet lah, misalkan dari pengolahan tinja manusia gitu. Ga percaya pasti yah? sama, tapi dulu banget pernah loh di Indonesia, di Bandung malah, di daerah rumah saya malah (ngendus2 bau tidak sedap) tanya aja sama @mooibandoeng kalau penasaran mah! 

Jadi kesimpulannya apa nyet? (sekarang nyet, sok anak gaul Jakarta banget ini yang nulis!)

Tau lah.. simpulin aja sendiri, pasti pernah diajarin kan cara bikin kesimpulan?! Lagi pula saya masih bingung nih, jadinya ongkos naik angkot jadi berapa?!

Yang jelas ga gampang sih kayanya buat pemerintah ngambil keputusan ini, apalagi buat yang loadingnya lama mah. 'Coz there’s always a consequences in every move (gugel translet). Yaudah akhirnya saya harus hentikan ke-sotoy-an tidak solutif saya sampai disini. Makasih sudah mau buang waktu disini. Ga apa-apa lah asal jangan buang hajat. See ya when i see ya people (masih gugel translet - emang ga bisa bahasa inggris)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar