Minggu, 18 Januari 2015

Satria Baja Hitam Ingin Naik Panggung Part 2



Jadi waktu itu saya pernah janji sama pembaca blog saya ini (kalau ada itu juga) bahwasanya saya akan melanjutkan dongeng fiksi tidak ilmiah tentang seseorang yang pengen jadi anak band, masih ingat? Judul dongennya waktu itu Satria Baja Hitam Ingin Naik Panggung. Postingan ngaco. Dari judulnya aja udah salah, harusnya Kesatria bukan Satria.. Tapi biarin lah blog blog saya ini, gimana saya weh…
Nah behubung saya sedang #WeuhGawe sebelum nanti mulai disibukan dengan uras urus administrasi and desprey and debrey.. Jadi sekarang saya mau lanjutin dongengnya… mari….

Bandung 1998

Indonesia udah punya presiden baru, presiden yang jenius karena bisa bikin pesawat terbang. Presiden yang kisah cintanya dibikinin film terus filmnya meledak luar biasa. Saya pun sudah punya kelas baru, udah naik kelas jadi kelas 2 SMP. Semuanya bertambah, usia, teman, uang jajan, dan tingkat ketampanan tentunya. Ekhmm…


Hari pertama masuk sekolah exited pastinya, pengen tau saya ditempatin di kelas mana. Ternyata saya satu kelas sama gembong narkoba. Engga sih. Maksudnya saya sekelas sama preman sekolah gitulah, semacam centeng sok berkuasa hanya karena dia punya body jauh lebih gede dari anak-anak lain. Udah gitu dia karateka, anak tentara lagi, makanya dia ditakutin satu sekolah. Tapi saya sama sekali ga takut. Saya mah cuman takut sama Alloh, sama ibu, gempa, tsunami, kebakaran, Godzilla, Megatron, Decepticon,Polytron…
Ketika sedang ngobrol sama temen waktu kelas 1 yang ternyata sekarang sekelas lagi, tiba-tiba punggung saya ditepuk dari belakang

“Wooy.. *sensor* Bagi duit” katanya, ternyata itu si centeng sekolah!
“Ga ada euy, ini buat ongkos” kata saya
“Jangan bohong, *sensor* “ katanya sambil mengacungkan kepalan tangan, mengancam
“Ga ada bener ih”
“Ah bohoong *sensor*” lantas kepalan tangannya mendarat di perut saya, tapi pelan, lantas kami ketawa-ketawa sambil mengeluarkan sumpah serapah.   

Si centeng sekolah itu temen sekelas saya waktu SD, temen sebangku dari kelas 1 sampai lulus. Kita suka saingan ranking waktu itu. Iya anaknya pinter, tengil, tapi sejak masuk SMP walaupun masih temenan tapi kami jarang jalan  bareng lagi. Terus dia mulai berubah jadi suka bolos, berantem, keluar masuk ruang BP. Semenjak ortunya pisah, kenakalannya memuncak, semacam cari pelampiasan. Saya yang harusnya ada disampingnya, nemenin, jagain, minimal jadi tempat sampah curhatan-curhatannya seperti waktu SD dulu, malah menjauh, asik sama dunia saya sendiri, dapet temen baru, lupa sama temen lama. Bodoh. Sekarang kami sekelas lagi walaupun rasanya beda, udah ga sejalan, beda tempat tongkrongan, ga apa-apa toh kita masih temenan. Dan yang terpenting saya aman, karena ga ada yang berani nge-bully sampai saya lulus SMP heheheh…

Hari pertama sekolah biasanya diisi sama perkenalan, biasalah. Alu wali kelas ngasih aturan ini itu bla bla bla.. Saya ga begitu merhatiin soalnya lagi sibuk ngebolak-balik cover albumnya Oasis dari kolong meja.
“nah anak-anak perkenalkan teman baru kalian, namanya Gery”
Anak baru dari Jakarta, ayahnya kerja di Korea Selatan, ibunya pindah kerja di Bandung jadi itulah kenapa dia pindah ke sekolah kami. Anaknya berkaca mata, setinggi saya, agak kikuk orangnya, santapan empuk tukang bully ini mah. Wali kelas nyuruh si anak tadi buat duduk dengan saya, karena saya duduk sendiri soalnya si centeng sekolah hari pertama udah bolos. Runyam.

Si Gery ini anaknya masih kekanak-kanakan, manja, suka caper, agak belagu lagi. Hari pertama dia udah langsung ngedektin si cantik di kelas, so akrab gitu, kecentilan. Ah bodo amat bukan urusan saya, urusan say amah nyari personil buat bikin band. Jadi saya mulai deh tuh seleksi siapa aja yang cocok buat dijadian personil, diem-diem sih, malu juga soalnya. Jadi saya liatin anak-anak yang suka bawa gitar ke sekolah, siapa yang jago saya deketin, gitu metodenya. Tapi berhubung lapar dan hari itu ga ada yang bawa gitar jadi saya memutuskan untuk ke kantin dulu.

Di kantin banyak anak-anak berkerumun, penasaran saya pun masuk ke kerumunan, dan ternyata saya lihat disana si Gery tengah terduduk di tanah, sudut bibirnya berdarah. Ada si centeng sekolah disana yang sedang ngomong apa saya ga tau. Lantas saya lihat satu tendangan mendarat di tubuh si Gery. Sontak saya maju ke depan, ga tega lihatnya..
“beh udah beh.. kasian..” kata saya. 
Dalam bahasa Sunda yang kasar si centeng menyuruh saya untuk tidak ikut campur, tapi saya berkeras, kasian soalnya. Akhirnya si centeng nyuruh saya buat bawa si gery ke UKS. Di UKS saya terpaksa bohong, kalau dia jatoh, terus kena bangku jadi aja memar. Daripada tambah runyam.

Pulang sekolah, si centeng ngajak saya nongkrong di rumah temen-temenya. Sengaja saya tolak, karena saya agak kurang klop sama temen-temennya itu, songong. Ada saya lihat si Gery lagi jalan sendirian, lantas saya susul. Saya pikir habis kejadian buruk pas istirahat tadi dia butuh ditemani gitu.
“Ger.. gimana udah baikan?”
“ah enggak sakit kok tadi, ga perlu kamu bantuin juga ga aku ga apa-apa padahal”
Hening
“oh yaudah, saya duluan yah” kata saya sambil nahan kesel pengen jedotin palanya ke tembok
“eh tunggu…” katanya tiba-tiba
“kenapa?”
“nama kamu tuh siapa?” asli waktu itu saya bener-bener pengen jedotin palanya ke tembok!
“ Muhammad Fikri Aiminudin” kata saya sambil nyodorin tangan
“oh oke” kata dia  cuek.. kezeeelll…!

***

“Jadi tugasnya kalian harus bikin makalah perkelompok tentang masalah perekonomian negara berkembang, ngerrti yah? Nah sekarang kalian mulai berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah ibu buat tadi”
Entah alasan apa guru memilih saya untuk sekelompok dengan si Gery anak baru dari Jakarta yang ngeselin itu. Sebangku aja kita mah jarang ngobrol. Lagi pula sejak kejadian di kantin tempo hari itu si Gery jadi lebih pendiam, kadang-kadang suka ngasih-ngasih uang sama si centeng en the gank, kasian juga sih tapi nyebelin sih..

Ada 2 anak lain yang sekelompok dengan saya. Yang satu tipe siswa popular di sekolah, aktif, middle class, lumayan cakep (berdasarkan pengamatan dari banyaknyajumlah  cewek-cewek yang sering ngobrol dan deket sama dia). Namanya Rony, wajahnya agak2 oriental gitu, tapi kalau ngobrol sunda abis, kocak orangnya, supel, ga heran banyak yang suka. Yang kedua tipe siswa invinsible, ga keliatan, orang ga nyadar kalau ada dia, kebalikannya si Rony lah. Pendiem, susah bergaul. Namanya Adil. Muhammad Adil Wicaksono. Gitu, Untung bukan Muhammad Adil Bijaksana Aman Sentosa.

Setelah berembuk, maka diputuskan kami akan kerja kelompok di rumahnya si Adil. Karena cuman dia yang punya printer. Rumahnya guide banget, macam rumah Belanda gitu, tapi gelap. Tanpa banyak bicara kami menyelesaikan tugas makalah tersebut dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Kebanyakan saya yang ngerjain, karena saya yang ditunjuk sebagai ketua, dan otak saya bekerja lebih cepat disbanding dengan mereka bertiga. Huh!

“eh, ada yang bisa maen drum ga?” kata si Adil tiba-tiba.
Lantas dia ngajak kami bertiga ke ruangan di samping kamarnya. Tuangan gelap yang kami lewatin tadi pas masuk ke kamarnya si Adil. Ternyata ruangan itu adalah sebuah studio mini. Ada satu set drum dan gitar elektrik tanpa amli disana. Si Adil lantas mengambil sapu lidi yang diikat menjadi seperti stick drum, lantas mulai pamer skill maenin drum sambil nyanyi. Jago!
Si kerempeng yang jarang ngobrol ini ternyata jago maen drum, heran saya.
“mau nyoba?”  tanyanya pada saya. Saya pun mengangguk
“ini kenapa pake sapu lidi sticknya dil?” kata saya
“biar ga terlalu berisik, soalnya ini ruangannya ga kedap suara”
“dil, ini gitar nyala ga?” Tanya Rony tiba-tiba
“nyala, tapi ga ada ampli sama efeknya” jawabnya, sambil ngajarin saya maen drum
Tiba-tiba si Rony mulai metik-metik gitar, fingering, dan, jago!!!
Si Gery yang dari tadi bengong tiba-tiba ngomong
“eh, ngeband yuk, aku bisalah maen keyboard dikit-dikit”
Lantas kami berempat saling berpandangan.

*Udah dzuhur, baiknya saya hentikan dulu dongeng ini, lagian Morrissey udah kehabisan list lagu nemenin saya ngetik dari tadi. Sampai jumpa lain waktu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar