Senin, 19 Januari 2015

Sarjana Penumpang DAMRI Part 1



Pernah ke Estonia ga? Saya dong.. enggak…

Jadi kemarin saya sempet baca sekilas kalau di Tallin, ibu kota Estonia, pemerintahnya menerapkan kebijakan transportasi umum gratis bagi warganya, cukup hanya dengan menunjukan kartu transit kepada petugas di setiap stasiun kereta api atau halte. Kebijakan tadi membuat Tallin kini menjadi ibu kota pertama di dunia yang menerapkan kebijakan transportasi umum gratis. Masih dalam rangka uji coba sih itu, tapi patut diacungi jempol, jempol tangan tentunya karena weuh gawe pisan kalau ngacungin jempol kaki mah, kaki orang lain lagi, hih!
Terus apakah kebijakan tadi bisa jadi solusi kemacetan? Bisa Insya Allah, kalau Allah sudah mengijinkan maka apapun bisa terjadi, kun fayakun.. jamaaaah..!


Lagi pula siapa yang ga senang dapat fasilitas angkutan umum gratis, nyaman pula, saya sebagai pengguna setia angkutan umum pasti amat sangat banget berharap pisan (pemborosan kata)
Jadi saya ini memang pelanggan setia angkutan umum. Perlu dicatat, saya ini bukannya ga punya kendaraan pribadi, punya saya, tapi ada alasannya kenapa saya kemana-mana selalu naik kendaraan umum.

Pertama. Tuntutan gelar akademik. Iya, saya ini kan S.Pd. Sarjana Penumpang DAMRI (dan angkot) jadi yaudah…

Kedua, dalam rangka usaha menjadi umat yang taat. Di dalam ajaran agama saya diajarkan bahwa kita sebagai umat yang taat harus senantiasa mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Nah.. naik kendaraan umum ini adalah sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Iya. Gitu.. Pas pertama naik kita bilang bismillahirahmanirahim, terus duduk, pas kendaraannya jalan kita sering bilang astagfirullahhaladzim, Allahhu akbar, Innalillahi….. gitu, ngebut soalnya, ugal-ugalan…

Tapi kalau ga ugal-ugalan mah enak-enak aja naik angkot atau DAMRI itu, bisa istirahat. Terus yah di angkot yang paling nyaman itu kalau kita duduk di depan sendirian, ga perlu dempet-dempetan macem bandeng presto. Dan apa yang biasanya dilakukan kalau duduk di depan? 
Ngaca di spion!!!
Kenapa yah orang tuh suka banget ngaca di spion? Apakah mereka jadi terlihat lebih cakep gitu?! 
Perhatiin deh, orang yang duduk di kursi depan itu tiap berapa menit sekali pasti ngaca, ada yang benerin rambut, make up-an, nyari cabe yang keselip di gigi, selfie, atau kombinasi dari semuanya, duh…

Tapi tau ga asal mula kata spion itu dari mana?
Jadi gini, konon dulu sebelum mobil itu dipasang kaca spion, orang-orang yang nyetir mobil itu kalau kemana-mana ga bisa sendiri, harus ditemenin sama seseorang buat ngeliatin di belakang ada kendaraan lain atau enggak, biar ga nabrak gitu.  Nah, suatu hari, katakanlah namanya Budi, Budi ini mau pergi ke luar kota lantas dia ajak temannya yang bernama Yono. Di jalan tiap kali mau belok Budi selalu nanya sama Yono, “Sepi Yon?” Yono jawab “Sepi Bud”. Ada belokan lagi “Sepi Yon?” gitu terus. Sepi yon.. Sepi yon.. AHA..! Sepion..!

Nah untung Budi ngajak Yono waktu itu, coba kalau Budi ngajak Ateng.. Kan jadi.. “Sepi..Teng..”

***

Terus hal yang nyebelin ketika kita naik angkot atau bis itu adalah pengamen. Apalagi pengamen anak punk abal-abal yang songong itu.

yah.. dikulum dikunyah.. Assalamualaikum semuanyaahh.. yah permisi kakak bunda yah.. dari pada kami merampoknya yah, lebih baik kami ngamennya yah.. seribu dua ribu ga akan bikin anda miskin yah.. mungkin dibalik kerudung anda, dibalik kerapihan pakaian anda masih ada jiwa sosialnya yah..”

Gitu kata-katanya, bener sih, tapi nyebelin..! mending kalau nyanyinya enak mah, nah ini..?!
Makanya saya mah gak pernah ngasih uang sama pengamen model gini mah, males, palingan uangnya juga dipakai buat beli rokok!

Lain soal kalau pengamennya suaranya bagus atau pengamen anak kecil. Jadi pernah waktu itu ada pengamen kayanya masih kelas 4 atau 5 SD. Tengah hari panas terik ngamen ga pake sandal, baju compang camping, rambut acak-acakan, muka jerawatan, matanya mau keluar. Kasian lah pokoknya..
Udah gitu dia nyanyi lagu sedih banget lagi, dia nyanyi lagu Gangnam Style.. sedihlah…
Sedihnya lagi selesai ngamen ga ada yang ngasih! Nah saya sebagai orang yang berjiwa nasionalis, pancasilais, bronchitis, merasa terpanggil untuk memberi. Saya ambil dompet, pas mau ngeluarin uang di sebalah nyolek, “mas itu dompet saya mas..!”

 Lalu setelah minta maaf dan ngembaliin dompet mas mas di sebelah, saya ambil dompet saya terus ngasih uang ke pengamen tadi, gak banyak sih cuman saya kasih 2 juta..

“makasih A.. makasih banyak..” kata si anak tadi sambil tersenyum lebar. 

Tapi sebelum uangnya dia terima saya paksa dulu buat selfie, lumayan buat posting di path, instagram, facebook, myspace, blogspot, friendster, buku tabungan, sampul rapot SD, dll. Bukan bermaksud untuk riya tapi untuk memotivasi orang lain supaya ikut beramal. Kaya ustad-ustad seleb gitu, adakan ustad yang suka ngetwit kalau dia suka sedekah ini itu, bukan untuk riya tapi memotivasi umat. Iya, gitu.

Terus begitu uangnya saya kasih ke bocah pengamen itu, dia ngapain? 
Dia turun dari bis, terus dia melambaikan tangannya ke seorang pria yang saya duga seorang pedagang asongan. Terus dia teriak “mang… samsu 2 batang..!” Wadehel…!!!

Dari situ saya gak pernah ngasih-ngasih uang lagi sama pengamen, malesss..!

Angkot juga sama-sama anehnya. Tau ga angkot yang terbesar di dunia? Yaktul, angkot Leuwi Gajah-Cimahi. Karena supirnya kalau lagi ngetem suka teriak. “ayo.. ayo.. gajah mahi..gajah mahi…” 
gak lucu, yak sip.

Tapi emang kadang di angkot juga suka random. Pernah suatu hari saya naik angkot terus pas di lampu merah mesin angkotnya berasap! Horror! Kami semua panik, mau cepet-cepet keluar, takut angkotnya kebakar. Pas penumpangnya mau keluar, eh ini ada ibu-ibu malah asik aja main HP, mana badannya gede banget lagi, segede kios, ngalangin!

bu cepetan bu berasap tuh mobilnya!”
“iya mas tapi ini susah keluarnya..”
“itu jendela bu…”
“oh maaf salah…”
 "..........................."

Pas penumpang sudah pada keluar, sopir angkotnya dengan sigap ngambil handuk kecil, kasir air, diperas, terus ditaruh di kap mobil. DIKOMPRES…!
Baru tau saya kalau angkot bisa demam ternyata.. apa ga sekalian aja kasih paracetamol gitu?!

Terus supir angkotnya ngajak kami buat jalan bareng lagi. Ih ogah, kenal juga enggak udah berani-beraninya ngajak jalan, situ okeee!

***
Oh.. Robert Smith terima kasih sudah menemani saya menyelesaikan postingan ini, saya ngetik, kamu dan teman-teman kamu nyanyi di winamp. Bandung 18 Januari 2015.

1 komentar:

  1. eakk... pa opik... pa kok Photo profile IG nya aneh sh? gak kaya pak opik

    BalasHapus