Minggu, 22 Februari 2015

Sarjana Penumpang DAMRI Part 3


Saya sebenernya sedang tidak punya waktu luang yang banyak. Tapi biarlah, saya ingin nulis, maka saya nulis. Siapa kamu larang-larang saya? Hih! Kecuali kamu Allah, kecuali kamu ibu saya, kecuali kamu atasan saya. Ya sudah kita mulai….


Suatu hari, hari apa saya lupa. Yang saya ingat waktu itu saya habis main (nonton) futsal sama temen-temen sprofesi. Pulang sore waktu itu, pulang sendirian karena tumpangan saya harus menjemput istrinya. Tumpangan saya yang lain pun sama hendak menjemput calon istrinya. Menyebabkan saya ga ada yang ngasih tumpangan. Kasihan? Enggak. Justru karena itu saya jadi bisa nulis cerita ini. Kalaupun saya dapet tumpangan dari mereka, palingan yang saya dapat cuman curhatan bapak-bapak muda lengkap dengan tips mencari pasangan yang validitasnya belum teruji secara empiris. Pusingkan? Sama!

Jadi sore itu saya putuskan untuk naik angkot. Karena kalau naik DAMRI lama nunggunya. Karena kalau naik taksi mahal ongkosnya. Karena kalau naik pitam, marah-marah artinya. Begitu. Ankot saya naiki itu angkot 05 jurusan Cicaheum-Cibaduyut, yang warna merah, yang supirnya biasanya orang Batak. Dan benar saja begitu saya naik supirnya sedang ngobrol sama penumpang yang duduknya di depan, pakai bahasa batak. Ngomongnya kaya orang marah-marah, bentak-bentak gitu, serem saya..

“woy laeee, sinanggar tulo tulo a tulo..”

“wee.. butet aleale butet..”


Gitulah saya ga ngerti mereka ngomong apa….
Angkotnya ngetem, soalnya penumpangnya masih sedikit. Di pojok, duduk disana sepasang suami istri dengan anaknya yang masih balita. Tiba-tiba si ayahnya ngomong…

“onde mande.. rancak bana putri iko…!”

Kemudian dilanjutkan dengan percakapan dengan istrinya. Pakai bahasa Padang. Ga ngerti saya….

Disebelah saya duduk ibu-ibu paruh baya. Matanya segaris, kulitnya putih. Menandakan bahwa beliau warga keturunan Tiongkok
Tiba-tiba ringtone HPnya berbunyi, menandakan ada telepon masuk. Kemudian ibu tadi mengangkat teleponnya, memencet tombolnya, lalu berkata…

ni hao… wo yau cepan kwetiaw, siomay, bakpau…” gitulah kira-kira. Mungkin si ibu lagi pesen makanan kali…

Sore yang random. Orang-orang di angkot yang sama, ngomong pakai bahasanya masing-masing, saya ga ngerti, lost in translation. Aih…

Tapi ga lama, dua orang ibu-ibu berjilbab naik. Salah satu dari mereka nyerocos, ngomongnya cepet banget, tau beliau ngomong apa? Gini

eh, ceu Eti, naha kamari teu ngiring arisan? Ih eta mah nya Ceu Enok, ngangge geulang meuni badag aya meureun 2 kilo mah, terus kongkrongna oge meni herang ih…” dan kalimat tadi diucapkan dalam satu tarikan nafas, cepet banget. I bet Eminem will be proud of her

Tapi akhirnya ada juga omongan yang saya ngerti. Tadi ada yang pakai bahasa Batak, Padang, Mandarin, akhirnya ada juga yang pakai bahasa Sunda.
Dari situ saya sadar, bahwa inilah Indonesia yang beragam, Indonesia yang kaya. Walaupun ada sebagian orang yang alergi sama keberagaman, benci sama perbedaan. Seolah olah keberagaman itu wabah. Seolah-olah hanya golonganya saja yang paling berhak untuk tinggal di Indonesia. Padahal dari sejak dulu Indonesia itu dibangun atas dasar keberagaman. Keberagaman itu anugerah bukan wabah. Al Qur’an jelas menyebutkan bahwa Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku tujuannya untuk saling mengenal bukan bertikai. Hanya tinggal dibutuhkan kebesaran hati dan pikiran yang terbuka, bukan mulut menganga lebar yang penuh dengan sumpah serapah. Itu.. Salam szuperr…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar