Selasa, 05 November 2013

Satria Baja Hitam Ingin Naik Panggung

Cita-cita bapak dulu pengen jadi  apa pak? Tanya seorang anak muda pada saya yang saat itu sedang memikirkan tagihan paket internet bulanan yang mau habis, duh ga bisa ngetwit deh… Maka saya jawab pertanyaan tadi sekenanya.  Power Ranger, jawab saya sambil masang muka serius. Maka pecahlah tawa di kelas siang itu.

Kenapa mereka pada ketawa yah? Padahal emang bener dulu, duluuu.. banget waktu saya masih kecil saya emang sempet kepikiran buat jadi Power Ranger. Man… mereka tuh keren!
Banyangin 5 orang anak muda kece-kece, pake baju warna warni, punya kekuatan super dan bisa berubah, yah walaupun harus pake koreo ala boyband dulu sih berubahnya. Tapi bisa menyelamatkan dunia dari monster-monster jahat itu keren banget, heroic!

Tapi itu sebelum saya kenal Kamen Rider atau Satria Baja Hitam. Yes, Kotaro Minami jauh lebih keren dari pada 5 orang alay Amerika yang doyan pake baju warna warni itu. Satria Baja Hitam lebih jantan, dia sendirian ngelawan monster, Power Ranger mah beraninya rame-rame. Terus gaya rambut belah tengah Kotaro Minami juga lebih nge-hits. Semua cowok gaul waktu itu rambutnya belah tengah semua. Terus Kotaro Minami suka naik motor, pake jaket kulit, sarung tangan, cowok banget.
Pernah waktu SD saya ngikutin gaya nya doi. Ke sekolah rambut belah tengah, pake jaket, pake sarung tangan (beli di tukang aromanis) sambil naik sepeda Wim Cycle, keren abis! Tapi itu sebelum sepedanya dijual buat bayar listrik sih…


Tapi itu cita-cita waktu SD sih, ga serius-serius amat. Lagi pula ga mungkin lah jadi Power Ranger atau Satria Baja Hitam, mau menumpas apa coba? di Indonesia mah kan ga ada monster, palingan koruptor.
Masuk SMP cita-cita berubah. Jadi anak band!
Semua ini gara-gara MTV, yah benar MTV. Kalau yang baca tulisan ini anak yang lahir taun 2000-an ke atas ga tau apa itu MTV, saya turut prihatin.
Gila jadi anak band tuh keren banget, bisa keliling dunia cuman modal teriak-teriak di atas panggung, lompat-lompat, banting-bantin gitar, lempar-lempar cymbal… udah gitu nama kita diteriak-teriakin sama penonton widih…

Bikin boyband yuk..! ajak temen sebangku saya si Dian tiba-tiba, bikin lamunan saya yang sedang manggung di Woodstock buyar.

Iya, kayak Backstreet Boys gitu, keren anjis!  Katanya lagi dengan mata yang berbinar-binar gitu. Apa coba?! Padahal saya tuh lagi ngelamun nanyiin lagu Creep nya Radiohead diatas panggung yang disambut dengan koor masal dari penonton. Backstreet Boys? Cih…

Maka demi kelangsungan masa depan si Dian temen saya itu, saya kasih pinjam kaset Radiohead punya kakak saya. Besoknya, dia datang ke sekolah dengan langkah yang diseret-seret, rambutnya acak-acakan, kayanya lupa pakai brycream. Dan matanya.. matanya disayu-sayukan sok-sok anak britpop tapi malah keliatan kaya anemia gitu…

 Jis ini keren pisan!!! Hayu kita nge-band jow! Katanya mantap.

Maka di siang hari tepat sebelum bu Yani guru fisika yang suka gerang-gerung di kelas itu masuk, kami berdua mendeklarasikan diri sebagai anak band! Padahal ga ada satu pun yang bisa maen alat musik…
Kami berdua waktu itu langsung hunting buat nyari tambahan personil. Syaratnya mudah, harus bisa maen 
alat musik dan mau ngajarin kita berdua. Tapi si Dian nambahin satu syaratnya. Jangan lebih ganteng dari dia! Gitu katanya. Hunting pun dimulai, kebetulan waktu itu bu Ika guru seni musiK nyuruh kami buat tes vocal dan alat musik. Minggu pertama tiap anak disuruh maju kedepan buat nyanyi lagu apa aja tanpa iringan musik. Jadi momen itu kami berdua untuk hunting personil selain untuk caper juga tentunya.
Ada waktu itu si Dandhy nyanyi lagu barat, suaranya bagus tapi logat Soreang nya kentel abis, udah gitu semua aturan grammar-nya ditabrak-tabrak. Gagal. Ada juga si Agung, orangnya tinggi gede, item pula, serem lah pokoknya. Tapi suaranya cempreng pisan lah! Gagal. Terus giliran si Yusup. Orangnya lumayan cakep, punya kharisma buat jadi frontman sebuah band, tapi itu sebelum dia buat gempar satu kelas karena nyanyi lagu Meisy lengkap dengan gaya centilnya…  jumpa lagi.. jumpa Meisy kembali… (anak lama tau pasti)

Saya? Saya mah jangan ditanya, bersin aja fals apalagi nyanyi, duh… -___-
Terakhir si Dian yang maju. Soalnya nama panjangnya Yudhito Rahadian, jadi absennya terakhir. Dia tampil ke depan dan dengan pede-nya nyanyiin lagu Slank, Terlalu Manis. Ternyata si kampret ini lumyan juga nyanyinya. Yaudah, dia aja yang jadi vokalisnya tar tinggal cari personil yang lain. Sip, keren lah pasti ini band saya!!!

Tapi rencana saya itu gagal akhirnya. Sejak tes vokal itu, si Dian malah jadian sama sekretaris kelas namanya sebut saja Mawar. Si kampret ngelupain rencananya bikin band, katanya mau fokus dulu, fokus pacaran!!!
Tapi cita-cita saya untuk jadi anak band tak surut. Dan di kelas 2 SMP lah cita-cita saya menemukan jalannya. Pertemuan dengan seorang pemuda Sunda berwajah oriental membuka jalan saya untuk menjadi seorang anak band…


Bagaimana kisah selanjutnya? Tunggu setelah saya isi pulsa modem dulu yah teman-teman.. hehehe… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar